Daya Tarik Unik Tempat Wisata China Town

Berita Terbaru – Jaman dulu orang Tionghoa berlayar ke Indonesia sebagai pedagang. Hingga saat ini warisan budaya mereka masih dapat ditemukan dalam bentuk seni pertunjukan dan berbagai aspek lainnya. Di Bandung, ada tempat wisata bernama Chinatown. Jika anda berkunjung kesini, anda akan merasakan suasana Negeri Tirai Bambu tersebut. Mau tau bagaimana suasana disini? Simak ulasannya berikut ini, ya!

Lokasi Wisata Chinatown Bandung

Chinatown Bandung merupakan tempat wisata dengan konsep pedesaan khas Tionghoa. Hal tersebut tidak mengherankan, karena sebelumnya kawasan di sekitarnya merupakan kawasan Chinatown Bandung. Luas tempat wisata ini seluas 3.000 hektar dan dibuka untuk umum sejak Agustus 2017. Sebelumnya, di dalam kompleks Chinatown Bandung terdapat sebuah bangunan milik yayasan dan candi tertua bernama Satya Budhi.

Chinatown Bandung terletak di Jl. Candi nomor 41, Ciroyom, Kecamatan Andir, Kota Bandung, Jawa Barat. Anda tidak akan kesulitan menemukan tempat wisata ini, karena letaknya yang sangat strategis dan dekat dengan beberapa objek wisata lainnya. Jika sobat sudah sampai di Alun-Alun Kota Bandung ikuti jalur lurus di Jl. Sudirman. Setelah itu, Anda akan menemukan perempatan Sudirman Cibadak Kelenteng, kemudian belok kanan.

Daya Tarik Chinatown Bandung

Suasana pedesaan Tionghoa di masa lalu bisa dirasakan di tempat wisata ini, karena semua ornamennya dianggap sedetail mungkin. Padahal, saat Imlek tiba, lampion akan semakin banyak dan digunakan sebagai sumber cahaya utama pada malam hari. Salah satu ornamen khas di Chinatown Bandung adalah moped, karena melambangkan hobi masyarakat Tionghoa kuno dalam menggunakan alat transportasi sehari-hari ini. Motor bebek merupakan sepeda kayuh kuno yang biasanya memiliki rangka segitiga di bagian depan. Selain itu terkadang dilengkapi dengan mesin bertenaga dinamo untuk digunakan pada waktu-waktu tertentu, misalnya saat Anda lelah mengayuh.

Aktivitas Menarik di Chinatown Bandung

Mengunjungi Chinatown Bandung belum lengkap rasanya tanpa berfoto. Sebab, tempat wisata yang satu ini menawarkan berbagai keunikan yang sayang untuk dilewatkan. Namun, ada aktivitas menarik lainnya yang bisa kamu lakukan di sini. Apa sajakah dari mereka? Saat pertama kali masuk ke Chinatown Bandung, kamu akan menemukan museum. Di sini Anda akan belajar tentang sejarah bagaimana orang Tionghoa tiba di Indonesia dan berkembang menjadi populasi hingga saat ini.

Selain menyenangkan, ada edukasi juga saat Anda berkunjung. Sebagai catatan, Anda tidak bisa menyentuh barang antik di sini, foto saja! Setelah sobat melewati area Mini Chinatown, kamu akan menemukan Infinity Room. Tempat instagramable ini merupakan theme room dengan bilik-bilik kecil yang dikelilingi kaca di setiap sudutnya. Ada enam divisi konsep dekorasi, seperti lampion yang berlimpah, matriks cahaya, terowongan klip film, sumur perguruan tinggi, bunga matahari, dan hutan ajaib.

Sementara itu, jembatan penyeberangan kecil berwarna merah juga menjadi spot favorit pengunjung untuk berfoto. Di kawasan Chinatown Bandung, terdapat sebuah candi kuno berumur 130 tahun. Selain sebagai tempat peribadatan, Anda bisa berkunjung ke sini untuk melihat-lihat. Jangan lupa perhatikan sopan santun kalian.

Ingin lebih merasakan suasana negeri tirai bambu dengan menjadi pangeran dan putri kerajaan China? Benar-benar bisa! Disini pengelola menyediakan persewaan kostum dengan harga dan paket yang bervariasi. Pengunjung akan merogoh kocek sekitar 50 ribu hingga 150 ribu untuk menyewa kostum. Tarif ini termasuk pencetakan foto juga. Selain dalam bentuk kertas, Anda bisa mencetak hasil jepretan tersebut ke mug, puzzle, bahkan botol minum.

Jam Operasional dan Tiket Masuk

Chinatown Bandung buka setiap hari dengan jam operasional mulai pukul 10.00-21.00 WIB untuk hari Senin hingga Jumat, 10.00-22.00 WIB untuk hari Sabtu, dan 09.00-21.00 WIB untuk hari Minggu atau hari libur nasional. Tiket masuk ke Chinatown Bandung adalah Rp 30.000 * untuk hari biasa, akhir pekan, dan hari libur nasional. Selain mendapatkan bukti pembayaran, pengelola juga memberikan pin cantik untuk pengunjung sebagai kenang-kenangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *